Wednesday, November 28, 2018

Hal Yang Harus Diberikan Kepada Anak Pada Masa Pertumbuhannya

tips kesehatan anak
Sebagai orang tua pastinya kita selalu menginginkan anak kita tetap sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit. Untuk itu perlunya anda mengetahui tentang beberapa tips kesehatan anak dibawah ini yang bisa anda coba ikuti.

1. Memenuhi asupan nutrisinya
Pemberian asupan nutrisi ini tentunya sangat penting sekali dalam menjaga kesehatan buah hati anda dan juga penting untuk masa tumbuh kembangnya. Adapun cara memberi asupan nutrisinya sendiri bisa dengan menerapkan pola makan seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik yang berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Dan dalam pengolahan masaknya sendiri, ada baiknya lakukan dengan cara memanggang, menumis, dan mengukus. Sebisa mungkin hindari cara memasak yang mengandung minyak goreng, karena itu kurang baik bagi tubuh.
tips kesehatan anak
2. Melakukan Imunisasi
Imunisasi merupakan langkah awal untuk bisa mencegah anak terserang dari berbagai macam penyakit. Di Indonesia sendiri ada 5 jenis imunisasi wajib yang bisa anda berikan kepada anak anda secara gratis di Posyandu terdekat. Dan ke 5 jenis imunisasi wajib ini seperti diantaranya hepatitis B, BCG, polio, campak, dan Pentavalen (DPT-HB-HiB). 

Adapun jenis imunisasi anak lainnya yang juga sebaiknya diberikan adalah seperti :
  • vaksin flu, yang bisa diberikan kepada anak pada saat berusia minimal 6 bulan dan terus berulang setiap tahunnya.
  • vaksin HPV, kalau vaksin ini baru bisa diberikan kepada anak saat sudah berusia 9 tahun. Vaksin ini diberikan untuk melindungi tubuh anak dari human papilloma virus yang bisa menyebabkan datangnya berbagai penyakit seperti kanker serviks, pre-kanker anus, pre-kanker vulva, pre-kanker vagina, dan penyakit kutil kelamin.
  • vaksin varisela, vaksin ini diberikan setelah anak berusia 12 bulan dan waktu yang paling baik untuk diberikan adalah sebelum anak masuk bangku sekolah dasar. Dan vaksin ini sejatinya berfungsi untuk mencegah anak dari ancaman penyakit cacar air.
  • vaksin pneumokokus (PCV). Vaksin ini mulai bisa diberikan pada anak saat menginjak usia 2 bulan untuk dosis pertama dan kelipatan 2 bulan kemudian untuk dosis selanjutnya. Vaksin ini bisa berfungsi untuk melindungi tubuh anak dari bakteri pneumokokus yang dapat menjadi penyebab terjadinya pneumonia.

Dampingi juga asupan makanan buah hati anda dengan berbagai nutrisi lengkap dari berbagai produk dari nestle. Dari mulai lahir sampai masa pertumbuhannya, nestle bisa menyediakan asupan nutrisi baik yang diperlukan oleh tubuh anak. Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai tips kesehatan anak kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment