Wednesday, September 13, 2023

Perkembangan Bayi dalam 3 Bulan Pertama



Dalam 3 bulan pertama, perkembangan bayi akan mengalami kemajuan yang sangat luar biasa dalam segala hal. Mulai dari pertumbuhan fisik, kognitif serta emosionalnya. 

Artikel ini akan mencoba menjelaskan berbagai aspek perkembangan si kecil, selama tiga bulan pertama dalam kehidupan mereka. 

Bulan Pertama: Awal Kehidupan Bayi

Bayi baru lahir, biasanya akan memiliki berat badan antara 2,5 - 2,5 Kg, dan panjang sekitar 45-55 Cm. Selama bulan pertama, biasanya bayi akan mengalami peningkatan berat sekitar 150-200 gram per-minggunya. Demikian juga dengan tingginya, bisa tumbuh sekitar 2,5-3,5 Cm per-bulan. 

Dalam perkembangan motoriknya, bayi akan memiliki refleks yang kuat seperti menggenggam jari orang dewasa. Seiring dengan berkembangnya waktu, bayi akan mulai memiliki kemampuan untuk menggerakan tangan dan kakinya, dengan lebih terkoordinir. 

Bulan Kedua: Interaksi Sosial yang Meningkat

Memasuki bulan kedua, bayi akan mulai menunjukan rasa antusias yang lebih besar terhadap dunia sekitarnya. Mereka akan mulai mengikuti benda-benda bergerak, mengamati wajah-wajah orang dewasa, dan lain sebagainya. 

Pada fase ini, bayi juga akan mulai memberikan respons saat berinteraksi dengan orang-orang yang selalu berada disekitarnya. Mereka akan lebih menunjukan senyum manisnya, yang merupakan suatu momen berharga bagi setiap orang tua.

Bulan Ketiga: Kemajuan Tingkat Lanjutan

Ketika bayi sudah memasuki usia tiga bulan, biasanya mereka akan mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Beberapa mungkin bisa mengalami pertambahan berat badan, sekitar 500-600 gram bahkan lebih, selama memasuki periode ini. 

Demikian pula dengan tinggi badannya, biasanya bayi ini bisa mengalami pertumbuhan sekitar 3-4 Cm lebih tinggi, dibandingkan dengan waktu pertama kali mereka lahir. 

Pada fase ini juga bayi akan menunjukan kemajuan dalam berbagai hal, baik itu dalam segi sosial emosionalnya, perkembangan kognitifnya, kemampuan berbahasanya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tips Tambahan

Untuk mendukung perkembangan bayi di tiga bulan pertamanya, maka penting untuk memilihkan produk popok terbaik dari MAKUKU. 

Sebab popok dari MAKUKU ini, menawarkan lebih banyak kelebihannya dibandingkan dengan jenis popok yang lainnya. 

Meliputi diantaranya memiliki fitur anti gumpal, anti bocor, anti ruam, dan bisa cocok dipakai untuk semua kondisi kulit bayi. 

No comments:

Post a Comment