Wednesday, November 8, 2023

Penyebab Mata Kering Serta Cara Mengatasinya dengan Cepat



Mendapati kondisi mata kering tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan setiap orang. Sebab ini akan langsung berdampak pada penurunan kualitas penglihatan dalam menjalani rutinitas sehari-hari. 

Mata yang kering ini merupakan sebuah kondisi dimana mata sudah mengalami penurunan kualitas air mata, serta kekurangan produksi air mata. Dalam istilah medisnya, ini biasa disebut dengan sindrom keratoconjunctivitis sicca.  

Mengenal Penyebabnya

Kondisi mata kering ini, biasanya disebabkan oleh berbagai faktor sebagai berikut: 

  • Faktor Umur

Orang dengan usia lanjut lebih sering terkena permasalahan mata yang kering ini. Sebab seiring dengan bertambahnya usia, produksi air mata juga akan mengalami penurunan. 

  • Efek Penggunaan Gadget dan Komputer

Tanpa disadari, dengan terlalu lama menghabiskan waktu di depan layar gadget atau komputer, akan membuat frekuensi kedipan seseorang menjadi cenderung menurun. Ini akan berdampak langsung kepada terjadinya mata yang kering. 

  • Gangguan Medis Tertentu

Ada beberapa gangguan medis yang bisa memicu terjadinya permasalahan mata yang kering. Seperti diantaranya artritis reumatoid, diabetes serta kondisi autoimun yang lainnya.   

  • Konsumsi Obat

Mengkonsumsi obat-obatan seperti antihistamin, antidepresan, dan obat-obatan tekanan darah, sejatinya juga menyebabkan permasalahan mata yang menjadi kering. 

  • Efek Lingkungan

Ketika Anda terlalu lama berada di lingkungan yang berdebu, berangin, dan cenderung kering, biasanya akan mudah rentan terkena permasalahan mata yang kering. 

Bagaimana Cara Mengatasinya? 

Bila Anda mendapati sedang terkena permasalahan mata yang kering ini, maka berikut cara mengatasinya yang lebih cepat.

  • Mengompres dengan Kain Hangat

Sehabis menatap layar gadget atau sudah beraktivitas di lingkungan yang berdebu, sebaiknya untuk segera melakukan kompresan dengan menggunakan kain yang hangat. 

Selain bisa memberikan rasa kenyamanan, hal ini juga dapat memberi kelembaban pada mata Anda, sehingga tidak akan terkena permasalahan mata yang kering. 

  • Menggunakan Produk Tetes Mata

Untuk memberikan kelembaban pada mata, Anda bisa menggunakan produk tetes mata yang sudah terbukti aman untuk digunakan. Adapun salah satunya adalah produk tetes mata dari Insto, yang sudah memiliki reputasi baik dalam bidang ini. 

Kalau kondisi mata kering Anda terus berlarut, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter terdekat, untuk mendapatkan saran yang lebih baik. 

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment