Thursday, November 16, 2023

Tagihan Air Membengkak? Lakukan Cara Hemat Air Sekarang Juga!


Mendapati tagihan air yang membengkak, tentu saja akan menambah biaya beban rumah tangga di setiap bulannya. Untuk itu penting mengetahui
cara hemat air dari sekarang juga, agar bisa membantu menekan biaya pengeluaran Anda.

Artikel ini akan mencoba membahas tentang hal apa saja yang bisa Anda lakukan, untuk menghemat air di rumah, yang bisa berdampak positif terhadap kehidupan finansial rumah tangga Anda. 

Cara Menghemat Penggunaan Air

Ada beberapa cara hemat air yang bisa Anda lakukan dari sekarang juga. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut:  

  • Mengganti Toilet Lama dengan Toilet Hemat Air

Toilet lama biasanya akan menghabiskan lebih banyak air bila dibandingkan dengan toilet hemat air dari Kohler. Untuk itu pertimbangkan untuk mengganti toilet tua Anda di rumah, dengan toilet yang lebih modern ini. 

  • Mengaplikasikan Shower Timer

Coba aplikasikan shower timer atau alarm untuk memastikan Anda tidak terlalu menghabiskan banyak waktu ketika mandi. Sebab dengan waktu mandi yang lebih singkat, dapat mengindikasikan bahwa Anda sudah menghemat air secara tidak langsung. 

  • Perbaiki Keran Bocor

Kran yang bocor akan mengakibatkan ribuan liter air terbuang secara sia-sia. Pastikan Anda segera memperbaiki kran bocor yang tersebut, agar bisa terhindar dari bentuk pemborosan air. 

  • Mematikan Keran Saat Sikat Gigi

Ketika sikat gigi, matikan kran airnya agar tidak mengeluarkan air secara berlebihan ketika sedang tidak dipakai. Ini adalah salah satu bentuk cara menghemat air yang sederhana untuk Anda aplikasikan dalam keseharian. 

  • Gunakan Mesin Cuci Secara Bijak

Lakukan pencucian pakaian dengan mesin cucinya dalam skala beban penuh saja, agar bisa membantu menghemat pemakaian air Anda. Hindari mencuci pakaian dengan jumlah yang sedikit karena akan menjadi sebuah pemborosan air. 

  • Menampung Air Hujan

Buatlah tangki khusus untuk menampung air hujan, agar bisa meminimalisir penggunaan air bersih di rumah. Air hujan ini bisa digunakan untuk menyiram tanaman atau mencuci kendaraan Anda selagi ada di rumah.  

Cara hemat air ini tentu saja menjadi tanggung jawab seluruh anggota keluarga Anda di rumah. Untuk itu berikan edukasi kepada seluruh anggota keluarga Anda di rumah, agar bisa mengadopsi berbagai kebiasaan baik ini. 


No comments:

Post a Comment