Friday, December 7, 2018

Cara Merawat Gigi Susu pada Anak Usia 6 Bulan Hingga 1 Tahun

tumbuh kembang anak
Gigi susu pada anak usia 6 hingga 1 tahun, sama pentingnya dengan gigi permanen orang dewasa. Gigi ini sangat membantu anak dalam mengunyah makanan dan berbicara. Keberadaan gigi susu pada anak sangat penting, karena kelak memberi tempat untuk tumbuhnya gigi permanen. Selain itu, proses mengunyah yang baik akan membantu pada tumbuh kembang anak. Sebaiknya Bunda memeriksakan gigi anak pada usia 6 bulan, sejak tumbuh gigi pertama. 

Cek up secara rutin akan membantu pada tumbuh kembang anak yang optimal. Saat Bunda memeriksakan gigi anak pada dokter spesialis gigi, maka bukan saja giginya yang diperiksa saja, melainkan dokter juga akan membersihkan kotoran atau flek yang menempel pada gigi anak. Biasanya dokter akan menyarankan kepada Bunda untuk mengevaluasi kebiasaan anak yang sering menghisap jempol, karena hal tersebut bisa membuat kesehatan gigi anak terkontaminasi kuman dan bakteri dari luar.
tumbuh kembang anak
Pada saat gigi pertama muncul, biasanya anak suka demam. Bunda jangan terlalu cemas, karena hal tersebut sudah biasa. Bahkan gigi pertama yang muncul, anak akan merasakan sakit atau gusi terasa nyeri. Untuk perawatan gigi susu pada anak usia 6 hingga 1 tahun, Bunda bisa membersihkannya dengan menggunakan tangan atau kain lembut yang bersih. Untuk merangsang pertumbuhan gigi susu selanjutnya, Bunda bisa berikan mainan bersih berupa mainan lunak khusus untuk teething (tumbuh gigi). jika pada pertumbuhan gigi selanjutnya, anak rewel dan merasa sakit, maka segera konsultasikan dengan dokter gigi atau perawat.

Lakukan perawatan pada gigi anak yang mulai tumbuh dengan sikat gigi khusus buat anak yang memiliki:
  • Gagang sikat besar
  • Kepala sikat kecil
  • Sikat halus dan lembut

Cara Menyikat Gigi Anak

Basahi terlebih dahulu sikat gigi, gunakan pasta gigi khusus anak dengan volume seukuran beras. Setelah anak berusia 3 tahun, maka Bunda bisa menambah volume pasta gigi tersebut seukuran kacang polong. Sikat secara perlahan dengan lembut, baik gigi depan maupun gigi dalam. Ajarkan pada anak untuk bisa menyikat gigi sendiri. Mulai dari usia 3 tahun, Bunda bisa memulai mengajarkan anak menyikat giginya tanpa bantuan Bunda. Adapun Bunda ingin membantunya, maka cukup dengan mengawasi saja. Jika kelihatan terdapat flek atau noda berwarna coklat atau kuning, sebaiknya Bunda bawa segera ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Karena gigi anak yang kurang sehat akan mempengaruhi terhadap tumbuh kembang anak yang kurang optimal.

No comments:

Post a Comment