Sunday, December 9, 2018

Hal-hal Yang Menyebabkan Volume Oli Motor Berkurang

oli motor

Oli merupakan salah satu komponen penting bagi setiap kendaraan, termasuk untuk motor. Cairan yang berfungsi sebagai pelumas ini perlu mendapatkan perhatian khusus agar mesin motor anda tetap dalam kondisi baik. Seperti yang kita tahu bahwa cairan ini perlu diganti secara rutin, agar mesin dapat berfungsi dengan baik. Salah satu ciri oli motor anda perlu diganti adalah ketika volume oli sudah mulai berkurang. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab volume oli kendaraan anda berkurang, diantaranya:

1. Kebocoran pada bagian drain plug


Drain plug merupakan salah satu bagian pada motor yang berfungsi untuk membuang oli dari dalam mesin. Komponen tersebut biasanya berupa baut yang diulirkan ke dalam bagian bawah carter dan dilengkapi dengan seal khusus untuk menjaga oli agar tidak merembes melewati celah tersebut. Namun seiring bertambahnya usia dan karena seringnya komponen tersebut dibongkar pasang, maka d=memungkinkan berpengaruh terhadap kondisi drain plug ini. Maka untuk mengatasinya kita harus mengganti karet sealnya agar baut dapat dengan kokoh menutup lubang pembuangan oli tersebut.

2. Kebocoran pada oil pan

oli motor

Bagian motor yang satu ini berfungsi untuk menampung oli mesin yang digunakan untuk melumasi seluruh komponen di dalamnya. Bentuk komponen yang satu ini hampir mirip seperti bak yang di baut ke blok mesin. Area inilah yang sering terjadi kebocoran atau oli yang merembes. Untuk mengatasinya anda harus melakukan pemasangan ulang dengan menggunakan pelapis lem sealant. Pastikan juga saat akan melapisi bagian tersebut dengan lem baru harus dalam keadaan bersih dari bekas lem yang lama.

3. Terjadi penguapan


Oli mesin yang menguap terjadi karena suhu panas yang dihasilkan dari mesin motor yang dihidupkan. Biasanya kondisi seperti ini terjadi saat sistem pendingin pada mesin tidak berfungsi dengan baik, sehingga motor mengalami overheat. Hal ini juga dikarenakan kualitas oli sudah menurun, untuk itu mengapa harus segera diganti.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan volume oli mulai berkurang. Untuk itu pilihlah oli motor yang berkualitas seperti Top 1 yang terbaik untuk motor anda.

No comments:

Post a Comment