Friday, December 21, 2018

Makanan Tradisional Indonesia dari Apem

makanan tradisional Indonesia

Indonesia itu merupakan negara yang kaya akan kuliner, entah itu makanan besar ataupun jajanannya. Resep makanan tradisional Indonesia dari tiap daerahnya pun selalu menggoda lidah untuk sekedar icip. Dan sangat disayangkan sekali bila berkunjung ke satu daerah di Indonesia tidak mencicipi jajanan khas kota tersebut.

Begitu pula dengan kue apem, meskipun resep makanan tradisional Indonesia ini awalnya berasal dari India karena kata Appam yang merupakan Bahasa India. Namun kue apem ini sekarang sudah menjadi jajanan khas dari Indonesia. Ciri dari kue ini adalah rasanya yang masam, itu semua karena apem terbuat dari tepung beras,tepung kanji, santan dan ragi. Dan ragi inilah yang membuat aroma dan rasa apem menjadi unik dan khas tersendiri.

Cara membuat kue apem ini biasanya dibentuk dengan menggunakan cetakan mangkok kecil. Bahkan kue apem akan tampak lebih menarik bila diberi pewarna makanan sehingga bentuknya terlihat semakin cantik dan menarik. Dan berikut ini adalah resep kue apem yang mungkin bisa Anda coba bikin di rumah untuk keluarga tercinta.

Resep makanan tradisional Indonesia si Kue Apem:


Bahan-bahan


  • 400 gr tepung beras
  • 80 gr tepung kanji
  • 400 ml santan kelapa kental
  • 240 ml santan kelapa encer
  • 200 gram GULAKU
  • 1 sachet ragi instan
  • Setengah butir kelapa muda
  • Sejumput garam


Pewarna makanan (warna bisa Anda kreasikan sendiri)

Cara membuat

  1. Campurkan tepung beras dan tepung kanji, ragi, gula dan garam aduk sampai rata. Tuang perlahan santan encer, uleni sampai adonan licin sambil dipukul-pukul selama ± 15 menit. Kemudian tinggalkan dan biarkan di tempat hangat selama 1 jam.
  2. Setelah 1 jam tambahkan santan kental, aduk hingga tercampur rata
  3. Panaskan cetakan kecil yang sebelumnya sudah diolesi minyak ke dalam kukusan
  4. Perlahan tuang adonan ke dalam cetakan hingga ¾ dari cetakan
  5. Kemudian kukus sampai matang kurang lebih selama 25 menit. Setelahnya angkat dan keluarkan dari cetakan.
  6. Dan langkah terakhir tinggal Anda sajikan dengan kelapa parut yang sebelumnya telah dikukus dan diberi sedikit garam.


Resep makanan tradisional Apem diatas tadi menggunakan GULAKU gula pasir putih, tetapi bila Anda ingin menggunakan gula merah juga bisa tetapi nanti hasilnya menjadi Apem gula merah. Namun kebanyakan orang menggunakan gula pasir dengan alasan lebih menarik karena dapat dicampurkan dengan berbagai macam pewarna makanan yang warna warni.

No comments:

Post a Comment