Friday, November 4, 2016

Kewajiban Anak terhadap Orang Tua



Berbakti pada orang tua adalah kewajiban setiap anak baik ketika masih hidup atau pun setelah meninggal. Ketika mereka masih hidup kita harus memuliakan mereka jangan pernah ada satu patah kata pun yang dapat menorehkan luka di hati mereka. Namun kadang kita salah kaprah ketika hidup sering kita mengabaikannya disadari atau tidak. Ketika sudah meninggal baru menyadari kesalahan. Kadang untuk menebus kesalahan itu kita adakan tahlil besar-besaran, bersodaqoh, cetak buku Yasin sebanyak-banyaknya. Apakah hal tersebut salah?

Mulai sekarang kita luruskan niat. Bagi orang tuanya yang masih hidup silahkan muliakan mereka, bagi yang sudah meninggal doakan selalu agar mereka mendapat nikmat kubur. Ada beberapa kewajiban anak pada orang tua yang sudah meninggal. Kewajiban tersebut adalah sebagai berikut:
Mensholati mereka. Mensholati yang dimaksud di sini adalah mengurus jenazah dari mulai memandikan, mengkafani, mensholati, sampai mengantarkan ke liang lahat.
Memohonkan ampunan terhadap dosa-dosanya. Manusia selama hidup di dunia memiliki hubungan Hablumminalloh dan Hablumminannas. Memohonlah ampunan pada Alloh SWT seperti yang pernah dilakukan Nabi Ibrohim. Untuk hablumminannas, mohonlah maaf pada tetangga atau kerabat bila selama hidupnya pernah berbuat dosa pada mereka.

Memenuhi janji dan hutang kedua orang tua. Jika kedua orang tua kita pernah memiliki janji yang belum sempat dipenuhi, penuhilah janji itu karena memenuhi janji adalah kewajiban. Selain itu bayarlah hutang yang lainnya jika mereka memiliki hutang.

Memuliakan teman mereka dan menjaga silaturahmi. Selama hidupnya tentu kita melihat mereka bergaul dengan teman sekitarnya dan kerabat. Maka setelah meninggal lanjutkan pertemanan itu dengan tidak memutuskan tali silaturahmi dengan mereka.

Mendoakan mereka. Tentunya sebagai anak kita harus mendoakan para orang tua setiap saat baik masih hidup atau pun sudah meninggal. Bagi yang sudah meninggal doa dilantunkan lebih intensif. Selain kita yang melakukannya, dapat dilakukan oleh orang lain. Salah satu cara agar orang lain selalu ingat dan mendoakan orang tua yaitu dengan membagikan buku Yasin sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu cetak buku Yasin sangat penting untuk menghimpun doa sebanyak-banyaknya.
Melanjutkan amal sholeh kedua orang tua. Jika orang tua selama hidupnya selalu beramal sholeh lanjutkan amal sholeh itu mudah-mudahan sampai pada mereka.

Menjalankan wasit kedua orang tua. Jika sebelum wafat orang tua kita meninggalkan suatu wasiat laksanakan wasiat tersebut karena itu wajib hukumnya.

Itulah kewajiban sebagai anak kepada orang tua yang sudah meninggal. Bukan cetak buku Yasin saja tetapi ada amalan lain yang harus dilakukan anak. Jadi membagikan buku Yasin bisa menjadi wujud bakti pada orang tua demi menghimpun doa agar kedua orang tua mendapat Rahmat di alam kubur. Dalam hal mencetak buku Yasin Anda dapat memesan pada SNAPY ahli percetakan yang terpercaya di Indonesia.